[Review] The Double

The Double (2011)
Date of watching: 26 July 2012
Cinema: Setiabudi One 21
Duration: 98 minutes
Starring by: Richard Gere, Topher Grace, Martin Sheen
Directed by: Michael Brandt

Intisari: Pensiunan agen CIA, Paul Shepherdson (Richard Gere), dimintai bantuan oleh direktur lembaga intelijen itu, Tom Highland (Martin Sheen), untuk menyelidiki kasus kematian senator AS Dennis Darden (Ed Kelly). Pembunuhan sang senator dilakukan dengan sangat rapi dan modusnya sama persis dengan penjahat kelas kakap berjuluk Cassius yang dulu pernah ditangani oleh Paul semasa masih di CIA. Paul yakin pelakunya bukan Cassius karena dia sudah ‘menutup buku’ sang penjahat puluhan tahun lalu. Tapi seorang agen FBI muda bernama Ben Geary bersikeras bahwa pembunuhan tersebut dilakukan oleh Cassius. Keduanya akhirnya dipasangkan untuk mengungkap kasus pembunuhan tersebut. Masalah muncul ketika Cassius ternyata adalah musuh dalam selimut.

###

Apa yang lebih menyebalkan dari menonton sebuah film jelek? Jawabannya adalah menontonnya di bioskop pada waktu yang hampir sama dengan diputernya film itu di saluran TV kabel!

Setelah sekian lama cuma ngeliat trailernya aja di bioskop, Kamis minggu lalu gue iseng nonton film ini. Itung-itung menghindari macet karna banyak yang pulang tenggo di bulan puasa. Pikir gue, Richard Gere nggak mungkin maen film jelek. Apalagi ada Topher Grace yang selama ini terkenal dengan image konyolnya di serial televisi That 70’s Show, tapi malah kebagian peran serius sebagai agen FBI di film ini. Jelas gue penasaran bakalan seperti apa ceritanya, aktingnya, dll.

Oke, gue nonton…

15 menit pertama berjalan cukup bagus, alur ceritanya dibangun dengan baik. Film-film yang melibatkan CIA dan FBI emang selalu sukses bikin gue penasaran dan duduk manis di bioskop, menerka-nerka siapa dan ada di mana penjahat kelas kakap yang lagi mereka incar. Ekspektasi gue bahwa film ini akan seru langsung BUYAR begitu film ini berjalan 15 menit!

Maaann! Yang bener aja! Masa udah langsung ketauan siapa penjahatnya? Judul filmnya “The Double”, seharusnya bikin yang nonton penasaran dengan identitas musuh dalam selimut yang berperan ganda! Kalo udah duluan ketauan di awal film, terus buat apa dong gue duduk nongkrongin sisa filmnya? Gembel!

Buat yang belom nonton film ini, gue saranin untuk TIDAK menontonnya di bioskop. Mendingan lo nongkrong di depan TV, pilih saluran FOX Movies, dan nonton film ini. Setidaknya walaupun jelek, lo masih bisa leha-leha duduk di sofa, ke kamar mandi pas lagi kebelet pipis, ato sambil ngemil dan makan es krim.

Trivia: Martin Sheen yang jadi Direktur CIA Tom Highland berperan sebagai Ben Parker (Uncle Ben) di film The Amazing Spider-man. Aktor ini juga dikenal sebagai ayah dari aktor Charlie Sheen (Being John Malkovich, Scary Movie 3 & 4, serial TV Two and a Half Men).

Quotes: If the Russians used their women like their missiles, we’d be wearing furry hats right now. (Paul Shepherdson)

Rating: “Balikin duit gueee!”

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s