[Review] The Cabin in the Woods

The Cabin in the Woods (2012)
Date of watching: 28 August 2012
Cinema: Setiabudi One 21
Duration: 95 minutes
Starring by: Kristen Connolly, Chris Hemsworth, Anna Hutchison, Fran Kranz, Jesse Williams, Sigourney Weaver
Directed by: Drew Goddard

Intisari: Lima anak muda mengemas pakaian mereka dan bersiap untuk menghabiskan akhir pekan yang (mereka pikir akan) menyenangkan di sebuah kabin di dalam hutan. Semuanya kelihatan begitu sempurna bagi Dana (Kristen Connolly), Jules (Anna Hutchison), Curt (Chris Hemsworth), Holden (Jesse Williams), dan Marty (Fran Kranz). Perlahan hal-hal aneh dan misterius mulai bermunculan dan mengancam keceriaan liburan mereka. Ada yang mengintai dan mengincar nyawa mereka. Korban pun mulai berjatuhan satu per satu. Siapa yang meneror mereka dan adakah yang berhasil selamat?

###

~ Oke, review ini telat banget munculnya! Tapi berhubung filmnya bagus, gue harus nulis ini. Selamat membaca ~

You think you know the story. Tagline yang ada di poster film besutan sutradara Drew Goddard ini bener-bener pas banget menohok penonton, termasuk gue. Di setengah jam pertama film ini, gue udah bisa nebak siapa aja yang bakalan mati duluan dan beberapa tebakan gue emang bener. Sempat khawatir juga sih, soalnya kalo di awal cerita udah gampang ketebak gini, jangan-jangan gue keburu tidur saking bosennya sampe film berakhir.

Ternyata Goddard dan Joss Whedon, sang penulis skenario, nggak rela membiarkan siapapun untuk menang dengan aksi tebak-tebakan mereka. You think you know the story? Hell no! Mungkin begitulah cara duo ini meledek logika para penonton sok tau kayak gue yang sering bangga karena merasa berhasil nebak beberapa elemen cerita di awal.

Beberapa elemen dalam film ini memang klise, khas film horror / thriller populer di mana cewek bitchy atau yang udah nggak perawan lagi pasti mati. Jumlah orang yang ganjil juga melengkapi mitos yang mengatakan bahwa salah satu di antara kelompok pertemanan itu pasti mati dan memulai tragedi yang juga menimpa teman-temannya. Tapi yang asik dari film ini adalah para korban dibiarkan memilih cara mereka mati tanpa disadarinya. Syitmen! Ini bener-bener di luar dugaan, karena gue selama ini udah sangat terbiasa nonton film horror / thriller di mana pelakulah (psikopat / hantu / whatever, you name it) yang memilih cara korbannya mati sambil menikmati kematian mereka perlahan-lahan.

Yang makin bikin gue nggak abis pikir adalah plot bangunan Goddard-Whedon yang ngegabungin urban legend dan unsur paganisme dengan apik ke dalam cerita. Kehidupan para tokoh yang modern dan casual, sosok-sosok menyeramkan yang selama ini hanya muncul di cerita rakyat, sampai ke penyembahan berhala yang sudah ada sejak dulu kala, semuanya dicampur aduk tapi justru berhasil memompa adrenalin lebih kencang daripada yang diharapkan saat masuk ke dalam bioskop. Kalo diibaratkan bubur ayam, The Cabin in the Woods ini bubur ayam spesial plus sate telur dan jeroan yang disiram saus sambal segar dan disajikan hangat di pagi hari. Maknyus!

Meskipun ada beberapa kekurangan di bagian efek visual, properti, dan kostum, secara keseluruhan film ini keren dan sangat layak ditonton. Apalagi deretan pemainnya rata-rata belum terkenal, kecuali Chris Hemsworth dan Sigourney Weaver. Intinya film ini bener-bener ngandalin cerita yang disajikan sedemikian rupa dan bikin penonton lupa kalo mereka lagi nonton, bukan lagi kejebak di sebuah kabin misterius di tengah hutan. Nonton film ini syaratnya cuma satu, siapin hati buat menerima dengan lapang dada bahwa logika dan segala tebak-tebakan kita yang biasa muncul saat nonton film semacam ini, bakalan diaduk-aduk oleh sang sutradara dan penulis skenario. Buat yang belom nonton, disarankan untuk nggak nonton film ini bareng temen yang bawel dan hobi komentar, karena itu bakalan ngerusak mood dan ngeganggu konsentrasi.

Trivia: Tokoh Sitterson dan Hadley adalah refleksi dari duo Goddard dan Whedon yang sedang playing God, mengendalikan para karakter dalam permainan mereka.

Quotes: Cops will never pull over a man with a huge bong in his car. Why? They fear this man. They know he sees further than they and he will bind them with ancient logics (Marty)

Rating: Unexpectedly mesmerizing!

8 Comments

  1. Untuk bisa menikmati film ini, yang harus dipersiapkan adalah referensi film horor sebanyak mungkin. Goddard dan Whedon banyak memanfaatkannya disana-sini. Dan, jangan mengharapkan film ini akan menakutimu, karena itu memang bukan tujuan utamanya.

    Lagipula, lupakan logika. Nikmati saja filmnya! Salah satu film terbaik tahun ini🙂

  2. aku pengen banget nonton film ini, .. tadinya sebenarnya agak ragu gara” aku bukan penggemar film horor, tapi beberapa temenku bilang bahwa gak ada horornya sama sekali selain bunuh-bunuhan aja, tapi sayangnya belum sempat ke XXI udah berhenti aja ditayangin .. kurasa harus cari filmnya dan nonton bareng temen-temen😄

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s