Ini 4 Film Indonesia Wajib Tonton!

Di tengah gempuran film-film box office, bioskop Indonesia belakangan ini mulai nunjukkin keramahannya pada film-film karya anak bangsa. Setelah beberapa pekan terakhir kita ngeliat beragam film bagus produksi dalam negeri kayak Cita-citaku Setinggi Tanah, Perahu Kertas, dan Tanah Surga, Katanya… berikut beberapa film Indonesia yang layak untuk kita tonton sampe akhir taun ini.

Jakarta Hati

Nggak banyak film Indonesia yang disuguhkan dalam bentuk omnibus. Sederhananya, omnibus itu film yang terdiri dari beberapa segmen cerita pendek. Film jenis ini udah banyak dibuat di luar negeri, kebanyakan sih untuk genre horror / thriller, seperti 4bhia (Thailand) atau V/H/S (Amerika Serikat). Untuk omnibus bergenre romantis contohnya seperti Seven Something (Thailand).

Jakarta Hati yang disutradarai oleh penulis naskah terkenal, Salman Aristo, menawarkan enam potong cerita yang menggambarkan tentang kompleksitas hidup Jakarta. Di tengah tingginya sikap individualisme warganya dan berbagai masalah yang mereka hadapi, kaum urban Jakarta ternyata masih menyimpan kepedulian dan empati terhadap sesamanya. Bagaimana ibu kota yang dikenal lebih kejam daripada ibu tiri ini menyuguhkan cerita yang menyentuh hati bisa disimak dalam film berdurasi 88 menit yang mulai tayang di bioskop pada 8 November ini.

Atambua 39° Celsius

Karya-karya Mira Lesmana dan Riri Riza selalu menarik untuk disimak. Selain karena nama keduanya yang udah terkenal di dunia perfilman Indonesia, karya mereka selalu menghadirkan sinematografi dan cerita yang berkualitas. Kali ini duet sineas itu bakal menghadirkan Atambua 39° Celsius, sebuah film yang bercerita tentang perpisahan sebuah keluarga akibat referendum Timor Leste di tahun 1999.

Yang menarik dari film ini bukan hanya ceritanya aja yang mengangkat konflik yang banyak terjadi di tengah keluarga yang tinggal di perbatasan wilayah RI – Timor Leste, tapi juga penggalangan dana film yang dilakukan secara online melalui Proyek Wujudkan. Apa itu Proyek Wujudkan bisa dibaca di sini. Atambua 39° Celsius yang lebih dulu tayang di beberapa layar lebar internasional, diberitakan akan tayang pada 8 November 2012. Tapi kalo ngeliat masih banyaknya film-film rilisan baru, sepertinya film ini baru bisa ditonton mulai minggu depan.

Habibie & Ainun

Film produksi MD Pictures ini memilih aktor yang lagi naik daun, Reza Rahadian, dan penyanyi pop sekaligus aktris, Bunga Citra Lestari, untuk memerankan pasangan Habibie – Ainun. Kisah cinta Presiden RI ketiga dan sang ibu negara emang ngundang keingintahuan banyak orang. Nggak banyak orang yang tau latar belakang kedua pasangan ini sebelum akhirnya bersatu dan dikenal sebagai pasangan paling berpengaruh di masa kepemimpinan Habibie.

Bagi yang udah pernah membaca buku tentang perjalanan Habibie – Ainun, jelas nggak boleh ketinggalan nonton film ini. Buat yang belum membaca bukunya, tenang aja gue juga belum baca kok. Bukannya lebih baik nggak punya ekspektasi apa-apa biar filmnya fresh pas ditonton?

5 CM

Diangkat dari novel laris berjudul sama karangan Donny Dhirgantoro, film 5 cm berkisah tentang persahabatan dan petualangan mereka saat mendaki puncak tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Gunung Semeru. Film garapan Rizal Mantovani ini memakan waktu persiapan yang cukup lama, kabarnya sejak 2010. Baik kru dan para pemeran film menjanjikan sinematografi yang bagus dan menyejukkan mata.

Ini jelas menarik. Apalagi film dengan plot cerita para sahabat yang lagi berpetualang selalu menyuguhkan konflik yang asik dan dekat dengan pengalaman banyak orang. Saking pengennya film ini dikenang banyak penonton tanah air, perilisannya pun dilakukan di tanggal cantik, 12-12-12 (12 Desember 2012).

Demikian beberapa film Indonesia yang layak ditonton hingga akhir tahun. Barangkali ada film tanah air lainnya yang akan dirilis dalam waktu dekat dan menurut lo layak ditonton juga, silakan tambahkan referensinya di kolom komentar.

Selamat menikmati film Indonesia yang berkualitas!😀

*Sumber foto: Poster film Jakarta Hati (inilah.com), scenes stills Jakarta Hati (wowkeren.com),
poster film lainnya diambil dari 21cineplex.com

**Postingan ini lebih dulu dimuat di Kompasiana dan menjadi HL (headline) hari ini. Judul awalnya “Film-film Indonesia Layak Tonton hingga Akhir Tahun”. Judul ini diambil dari judul teaser artikel di Kompasiana, “Ini 4 Film Indonesia Wajib Tonton!”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s