[Review] Breaking Dawn Part 2

Breaking Dawn 2 (2012)
Date of watching: 19 November 2012
Cinema: Setiabudi One 21
Duration: 116 minutes
Starring by: Kristen Stewart, Robert Pattinson, Taylor Lautner, Mackenzie Foy
Directed by: Bill Condon

Intisari: Bella (Kristen Stewart) yang sempat kritis dan diduga meninggal saat melahirkan di film sebelumnya, ternyata berhasil selamat dan terlahir kembali sebagai seorang vampir berkat gigitan Edward (Robert Pattinson). Keduanya merasa sangat bahagia, karena bukan hanya mereka dikaruniai seorang putri cantik bernama Renesmee (Mackenzie Foy), mereka kini sudah sejenis, alias sama-sama vampir. Namun, kebahagiaan tersebut terusik saat Irina (Maggie Grace) menduga anak setengah vampir-setengah manusia itu sebagai sebuah ancaman dan mengadukan keberadaannya pada Volturi. Bersama keluarga Cullen, Jacob (Taylor Lautner) dan kawanan werewolf, serta para vampir dari seluruh dunia, mereka berusaha mati-matian untuk menyelamatkan Renesmee. Berhasilkah mereka melindungi sang buah hati tanpa mengorbankan nyawa siapapun?


###

Gue bukan penggemar berat serial Twilight, juga nggak pernah baca buku-buku karangan Stephenie Meyer itu sampai habis. Entah kenapa gue merasa serial ini agak terlalu menye-menye dalam penggambaran kisah cinta vampir dan manusia. Mungkin pengaruh umur juga ya, soalnya buktinya Twilight selalu sukses menyedot perhatian para abege dan pasangan yang doyan kisah romantis beda alam semacam ini. Apapun itu, gue tetap salut sama Stephenie Meyer karena telah berhasil menciptakan imej baru vampir yang lebih berjiwa muda, fashionable, dan tentu saja super adorable.

Breaking Dawn part 2 hadir dengan sangat apik, terutama di bagian laga antara The Cullen dkk dan The Volturi yang digarap dengan sangat baik. Menegangkan sekaligus memesona. Baik dari segi penggambaran suasana, musik latar, maupun penyajian konfliknya yang dengan sempurna memberi porsi yang pas pada masing-masing karakter di film ini.

Hebat! Jarang-jarang gue nonton film yang karakternya ada banyak dan masing-masing dari mereka bisa terekspos dengan baik, bersama para aktor utamanya. Untuk film yang dibintangi oleh Kristen ‘poker face’ Stewart, ini jelas sangat menolong.

Bicara tentang K-Stew, sebenarnya di film ini penampilan dia nggak terlalu buruk, kalau dibandingin sama film-film serial Twilight sebelumnya. Entah karena make up a la vampirnya yang menghipnotis atau karena dia memang ngeluarin akting terbaiknya untuk serial terakhir ini, penampilannya bisa dibilang oke, nggak mengecewakan. Gue merasa cukup nyaman selama menonton film ini.

Ohya, sebagai penonton yang nggak menyukai buku serial Twilight, gue harus berterima kasih kepada Bill Condon sang sutradara dan Guillermo Navarro sebagai sinematografer. Di tangan keduanya, Breaking Dawn part 2 ini menjadi penutup serial Twilight yang manis dan juga berkesan. Bahkan menurut gue, Breaking Dawn part 2 yang disutradarai oleh Condon jauh lebih baik ketimbang garapan sutradara-sutradara lainnya yang menahkodai film seri adaptasi novel laris ini sebelumnya.

Anyway, bagi yang mau nonton film ini, harap diperhatikan untuk tidak membawa anak kecil atau remaja di bawah umur. Sebab, ada beberapa adegan sensual antara Bella dan Edward yang tidak sesuai untuk tontonan mereka.

Trivia: Untuk melindungi Mackenzie Foy, pemeran Renesmee, dari kata-kata kasar / umpatan yang mungkin diucapkan oleh para aktor maupun kru film, Bill Condon menetapkan aturan denda bagi yang melanggar. Uang itu dikumpulkan ke dalam sebuah ‘Swear Jar’ (tabungan makian/umpatan) dan seluruh dana yang terkumpul disumbangkan ke Rumah Sakit Anak St. Jude.

Quotes: I thought we would be safe forever. But ‘forever’ isn’t as long as I’d hoped. (Bella Swan)

Rating: Hmmm, surprisingly good!

~ FANGIRLING BONUS ~

cukup setengah badan aja ya, kalo sampe bawah tar pada mimisan hehehe~

*Movie stills from: screenrant, fandango, hype.my, bestmoviesevernews.com

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s