[Review] Langit ke 7

Langit ke-7 (2012)
Date of watching:
Cinema: Setiabudi One 21
Duration: 92 minutes
Starring by: Tazkya Namya, Sandra Dewi, Pong Hardjatmo, Donny Damara
Directed by: Rudi Soedjarwo

Intisari: Dania (Tazkya Namya), seorang artis terkenal yang sedang naik daun mendadak dijodohkan oleh sang ayah (Pong Hardjatmo). Kesehatannya yang semakin memburuk membuatnya khawatir anak semata wayangnya itu akan hidup sendirian tanpanya. Meski tidak memaksakan perjodohan, Dania rupanya tidak menyukai ide itu dan memilih untuk ‘kabur’ sejenak dari penatnya hidup bersama empat orang sahabatnya ke Bali. Liburan yang awalnya berjalan lancar membawa Dania ke suatu ‘tempat’ yang tak pernah diduganya. Akankah hidup Dania bahagia sesuai kehendaknya? Atau Tuhan sudah menuliskan takdir yang lain untuknya?

###

Rudi Soedjarwo kembali lagi menyuguhkan film remaja romantis ke layar kaca. Masih dengan format yang sedikit mirip AADC dulu, 5 gadis bersahabat dengan tokoh sentral yang sedikit keras kepala namun berhati lembut dan sedikit gengsian kalau bicara soal cinta.

Bedanya, geng sahabat dalam Langit ke-7 bukan lagi sekumpulan gadis SMA. Mereka adalah bintang-bintang baru yang dijaring dari pemilihan Clear Hair Model. Nggak heran kalau kelima bintang baru tersebut tidak terlihat mengikat rambut mereka yang lurus dan berkilau (kecuali saat adegan menyelam).

Bicara karakter, kalau diperhatikan sifat dua tokohnya memang agak mirip dengan geng AADC dulu. Tokoh Dania yang cantik, mandiri, dan bersifat pemimpin mengingatkan gue akan Cinta, sementara Visi (Rechelle Rumawas) yang rapuh mirip dengan Alya.

Di film ini, Rudi dengan sukses menghipnotis gue akan keindahan panorama Bali. Pulau para dewa itu memang sudah terkenal akan pantainya, namun di tangan Rudi, Bali terlihat jadi seperti sebuah pulau yang belum terjamah. Seperti pulau pribadi tempat berlibur kalangan elit atau para pasangan yang sedang berbulan madu. Sinematografinya harus diakui jempolan dan membuat gue betah berlama-lama memandangi film ini.

Ceritanya pun cukup segar karena gue baru pertama kali melihat ada film Indonesia yang punya ide tentang kisah cinta ‘beda dimensi’ begini. Apalagi diselipkan dengan beberapa humor yang lumayan mengocok perut di beberapa adegan.

Sayangnya, kekurangan terbesar cerita ini ada pada skrip garapan Virra Dewi yang lemah dan akting beberapa pemainnya yang kurang ngena. Ada beberapa adegan dalam film ini yang kalau dihilangkan pun tidak akan mengurangi inti ceritanya. Juga beberapa adegan yang seharusnya digarap dengan lebih baik agar terkesan lebih masuk akal dan nggak bikin penonton mempertanyakannya saat nonton.

Dari segi akting, menurut gue Tazkya Namya (Dania) sudah bermain dengan sangat baik dan sesuai porsinya. Gue yakin ke depannya, dia bakalan punya masa depan yang cerah di dunia akting.

Begitu juga dengan Rechelle Rumawas (Visi) dan Maureen Irwinsyah (Angel) yang berakting dengan baik saat mereka sedih (yang satu karena diselingkuhin pacar dan yang satu lagi karena nyesel nggak ada di sisi sahabatnya di saat paling genting). Sandra Dewi pun berperan dengan baik sebagai seorang dokter, walaupun harus diakui, seumur hidup gue lalu lalang di rumah sakit belum pernah ngeliat dokter atau perawat berambut panjang yang nggak diikat atau dicepol rapi seperti itu hehehe~

Yang paling mengganggu adalah ekspresi wajah dari Aryadila Yarosairy pemeran Denan. Ganteng sih. Lucu juga. Tapi kenapa matanya melotot mulu kayak tokoh sinetron gitu ya? Bikin jengah ngeliatnya~

Anyway, terlepas dari kelemahan pada skrip dan akting beberapa pemainnya, film ini cukup menghibur. Gue berharap Rudi bisa menampilkan film-film romantis lainnya dalam selang waktu yang tidak terlalu lama. Tentunya dengan sinematografi yang memukau seperti di film ini, dengan skrip cerita yang lebih baik dan menghanyutkan penonton seperti AADC dulu.

Trivia: Syuting film ini memang hanya di Indonesia. Namun untuk pengerjaan tahap akhirnya dilakukan di tiga benua, yaitu Asia (Rudi Soedjarwo, sutradara), Australia (Virra, penulis naskah), dan Australia (Andi Rianto, scoring).

Quotes: “Lo percaya takdir?” (Angel)

Rating: Cocok ditonton bareng pacar

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s