[Review] Jack Reacher

Jack_Reacher_poster

Jack Reacher (2012)
Date of watching: 28 December 2012
Cinema: Epicentrum XXI
Duration: 130 minutes
Based on: One Shot by Lee Child
Screenplay by: Christopher McQuarrie
Starring by: Tom Cruise, Rosamund Pike, Robert Duvall, Richard Jenkins, David Oyelowo, Jai Courtney,
Werner Herzog, Joseph Sikora
Directed by: Christopher McQuarrie

Intisari: Jack Reacher (Tom Cruise) terseret dalam kasus penembakan massal yang melibatkan James Barr (Joseph Sikora), mantan penembak jitu satuan militer yang dulu ditugaskan bersamanya saat di Baghdad, Irak. Di tengah proses penyelidikan perkara, pengacara Barr, Helen Rodin (Rosamund Pike), malah meminta bantuannya untuk membela Barr. Jack yang mengetahui catatan kelam Barr menunjukkan sejumlah fakta di masa lalu yang membuat Helen bingung mengambil langkah selanjutnya. Di sisi lain, sejumlah orang yang berkepentingan berniat menghalangi proses penyelidikan. Siapakah dalang di balik penembakan massal tersebut? Sanggupkah Jack dan Helen mengungkap kebenaran?

JR5

###

Gue akui bahwa faktor Tom ‘duda keren’ Cruise jadi alasan kuat untuk menyeret kaki gue ke bioskop. Udah lama nggak ngeliat Cruise main film dan begitu gue ngeliat trailernya beberapa minggu lalu, gue pun mencatat dengan baik untuk nggak ketinggalan nonton film ini begitu dirilis.

Nggak sia-sia deh gue nonton film ini karena Jack Reacher emang keren! Jalan ceritanya dibangun dengan baik. Pengenalan karakternya juga oke, walaupun bagi sebagian orang mungkin bakalan bertanya-tanya selama 15 menit awal. Ini film action tapi kok belom ada adegan bak-bik-buknya ya?

Jack Reacher yang diadaptasi dari novel berjudul “One Shot” ini emang lebih menekankan penonton untuk ngebangun emosi dan kedekatan pada karakter utamanya yang diperankan oleh Tom Cruise. Nggak mudah emang… untuk ngertiin gimana bisa di dunia ini ada makhluk sesempurna Tom yang di film ini digambarin sebagai mantan anggota militer, pernah terjun di daerah-daerah berbahaya, punya kemampuan analisis yang hebat, bermental superhero (menumpas kejahatan tanpa nuntut bayaran #ceilehh), dan bisa tetap bergaya sekaligus seganteng itu saat ngelawan penjahat.

Oke, penjelasan gue terlalu lebay dan agak susah dicerna nalar ya.. Nah, mungkin itu juga yang melatari Christopher McQuarrie untuk menggarap skrip sekaligus menyutradarai film ini. Lewat tangan dinginnya, sutradara yang juga ngegarap scenario film Valkyrie ini berhasil ngebuat sosok Tom mengesankan dan emang pantes meranin Jack Reacher. Gue sih belom pernah baca novelnya duuuhh, ada berapa film based-on-novel sih tahun ini yang belom gue baca novelnya? tapi kalo diminta jujur, gue nggak akan kepikiran sosok Tom buat meranin figur seperti yang gue gambarin tadi.

Ya okelah, Tom emang udah beberapa kali main film dengan peran yang cukup menantang di film action macem Mission Impossible gitu. Dengan pertambahan usia dan wajah yang sering kali kelewat ganteng, ya wajarlah kalo gue mulai melupakan sosok Tom ini. Tapi ternyata itu semua malah bikin Tom keliatan sangat kharismatik dan menambah daya tarik film ini dengan badannya aktingnya yang oke punya.

Kalo nonton trailernya, sepintas ini film penuh aksi laga. Tapi sebenernya nggak terlalu banyak adegan bak-bik-buk yang diumbar. Sepanjang nonton gue malah diajak untuk berpikir dan menyelami kemungkinan isi pikiran karakter antagonisnya. Ini sangat menarik. Karena biasanya film-film Hollywood cenderung membombardir layar dengan ledakan amunisi besar dan megah untuk membuat penonton tercengang.

Tapi Jack Reacher nggak butuh itu semua untuk menjadikannya film yang menarik walaupun berdurasi panjang. Jack bahkan nggak butuh pulpen untuk nyatet nomer hape cewek, karena udah pasti cewek-ceweklah yang bakalan nyatet nomer hapenya atau ngasih kartu nama mereka dengan sukarela mencatat detil bukti forensik yang dibutuhkannya agar bisa menelusuri jejak sang buronan. Dia hanya butuh ingatannya yang tajam dan kemampuan analisisnya yang luar biasa. Dan oh ya, aksi kejar-kejaran mobil yang seru dan cukup bikin geregetan. Every hero needs chasing scene, I suppose😀

Meski minim aksi laga, Jack Reacher sangat menarik untuk disimak. McQuarrie dengan sukses menyelipkan dialog-dialog berkesan yang berhasil bikin gue senyum, ketawa, dan bahkan terdiam sejenak. Kalo lo dengerin dengan seksama, beberapa dialognya malahan ada yang berrima dan kedengaran cerdas meski sarat sindiran.

Selain Cruise, penampilan beberapa actor lainnya juga layak mendapat perhatian dan pujian. Rosamund Pike yang tampil mengesankan di Johnny English Reborn dan Wrath of the Titans, di film ini pun kembali memancarkan pesonanya. Walaupun kebanyakan kerjaannya di film ini sebagai Helen Rodin, pengacara James Barr dibantu oleh Reacher, dia tetap berhasil menunjukkan imej cerdas dan seksi tanpa terlalu banyak buka-bukaan.

Yah, tapi tetap aja ya, cewek manapun kalo udah ketemu akang Tom Cruise ujung-ujungnya bakalan buka-bukaan dikitlah. Perhatiin aja bajunya Helen pas awal ketemu Reacher dan pas jelang akhir film. Makin lama durasi film ini berjalan, makin rendah belahan dadanya yang keliatan, hihihihi~

JR3

Tokoh-tokoh lainnya yang gue sukai adalah Mr. Cash (Robert Duvall) sang pemilik arena menembak dan Charlie (Jai Courtney) salah satu tokoh antagonis di film ini. Menurut gue, kemunculan keduanya yang juga berkesan bikin film ini lebih berwarna dan nggak sepenuhnya dikuasai oleh aura kebintangan Tom. Walopun udah tuwir dan porsi kemunculannya nggak banyak, Duvall ternyata bisa menyuguhkan sepercik kekonyolan yang menyegarkan lewat dialog-dialognya.

Sementara Courtney tampil meyakinkan sebagai antagonis yang kejam dan nggak takut apapun. Agak heran gue, kenapa nggak dia aja yang jadi antagonis utamanya ya? Lho, emang ada berapa tokoh antagonis di film ini? Tonton aja sendiri ya, hehehe~

Anyway, Jack Reacher adalah film yang oke banget buat ditonton sebelum menyambut tahun yang baru. Kalo lo belom nonton, segera ke bioskop terdekat dan nontonlah bareng sesama fangirl  Tom Cruise. Kalo lo bukan cewek dan nggak ada niat buat fangirling, nontonlah bareng orang yang demen film cerita-cerita ala detektif-tapi-ada-unsur-militernya gitu. Kelar nonton, ada banyak banget yang bisa didiskusiin tentang film ini, selain kegantengan aktor-duda-keren-berumur-setengah-abad itu tentunya~

JR7

Jr2

Trivia: Brad Pitt, Hugh Jackman, Vince Vaughn, Jamie Foxx dan Will Smith sempat dipertimbangkan untuk peran utama film ini, sebelum akhirnya Tom Cruise yang jadi Jack Reacher.

Quotes: The cheapest woman tends to be the one you pay the most for. (Jack Reacher)

Rating: A good movie you must watch for fangirling!

~ FANGIRLING BONUS ~

Tiap Tom muncul tuh, entah kenapa gue berasa kayak ada lagu LMFAO ~ I'm Sexy and I Know It yang ngiringin dia melangkah~ hahahaha :D

Tiap Tom muncul tuh, entah kenapa gue berasa kayak ada lagu LMFAO ~ I’m Sexy and I Know It yang ngiringin dia melangkah~ hahahaha😀

*Movie stills taken from: Yahoo! Movies

2 Comments

    • Dongsaeng-ah! Kok bisa mampir sampe ke sini? hehehe~

      Iya, ini film keren kok.. soalnya plotnya asik dan bikin kita ikut-ikutan tegang pas adegan kejar-kejaran, tembak-tembakan gitu.. nonton deh! kalo nggak ada juga di bioskop deket kamu ya terpaksa nunggu download ato beli jambakannya heuheuheu~ tapi lebih asik nonton di bioskop nih film!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s