Hasduk Berpola: 3 Alasan Nonton Film Ini

HB

“Yang lebih bagus ndak ada. Yang lebih mahal banyak!”

Ini bukan penggalan iklan sebuah produk obat nyamuk, tapi secuil dialog dari teaser film Hasduk Berpola. Hasduk Berpola adalah film anak lokal yang akan ditayangkan di bioskop-bioskop tanah air mulai 21 Maret mendatang. Sebuah kabar baik bagi para orang tua yang ingin mengajak si kecil menonton di bioskop.

Hasduk Berpola bercerita tentang perjuangan Budi (Bintang Prasetyo) merasa tertantang untuk mengalahkan Kemal dalam sebuah kegiatan pramuka. Sayangnya, kondisi ekonomi keluarganya yang buruk membuat Budi dihadapkan pada persoalan pelik. Ia tak punya uang untuk membeli semua perlengkapan pramuka yang dibutuhkan. Meminta pada Ibunya (Iga Mawarni) tidak mungkin, sebab ia hanya seorang janda yang susah payah menafkahi kedua anaknya, Budi dan Bening, serta mengurus sang ayah, Masnun (Idris Sardi) yang merupakan veteran pejuang. Budi pun berjuang sekuat tenaga agar ia bisa membeli perlengkapan pramuka tersebut dengan usahanya sendiri.

Mendengar judulnya, mungkin nggak banyak yang ngeh dengan kata hasduk, kecuali mereka yang sering mengurusi perlengkapan pramuka. Hasduk adalah kacu atau scarf yang dipakai oleh para pramuka di kerah seragamnya. Biasanya hasduk yang dipakai berwarna merah putih, melambangkan bendera negara. Tapi ini kok berpola? Tentu saja ada cerita tersendiri mengapa bisa hasduknya berpola. Yang pasti ini bukan sembarang hasduk karena ada semangat nasionalisme di balik polanya yang unik itu.

Anyway, film ini layak ditunggu kehadirannya sebab gue udah lama nggak nonton film anak. Maklumlah produksi film anak di Indonesia memang masih belum banyak, makanya setiap kali ada film anak yang dirilis wajib ditonton. Buat apa? Tentunya selain menikmatinya sebagai sebuah hiburan, film anak lokal harus diapresiasi oleh penonton lokal lebih dulu sebelum akhirnya bisa bersaing ke tingkat internasional. Dan film anak dengan premis sederhana dan merakyat seperti Hasduk Berpola layak diberi perhatian khusus. Kenapa? Well, ada beberapa alasan, di antaranya:

1. Ini film tentang pramuka
Belum banyak film anak yang diproduksi, apalagi yang bertema pramuka. Menonton film ini bakalan jadi wujud kepedulian kita dalam mendukung film anak yang layak tonton. Bagi yang pernah ikutan pramuka waktu SD atau bahkan sampai SMP/SMA, pastinya nonton film ini bakalan jadi semacam nostalgia. Penasaran juga dengan kegiatan kepramukaan di kota lain, khususnya Bojonegoro yang menjadi setting tempat film ini.

2. Setting tempatnya di Bojonegoro
Film bersetting Jakarta, Bandung, dan Jogjakarta sudah jamak dilihat di film nasional. Tapi Bojonegoro, Jawa Timur? Hmm, this is something new! Berhubung gue belum pernah ke sana, tentu aja gue penasaran dengan film ini. At least gue bisa menikmati pemandangan alam yang bakalan dieksplor di film ini. Selain itu, kangen juga rasanya menonton film yang menyisipkan dialog sehari-hari dalam Bahasa Jawa.

3. Idris Sardi
Kenapa seorang pemain biola terkenal sekelas Idris Sardi bisa tertarik berperan sebagai tokoh veteran pejuang di film ini masih menjadi misteri. Pastinya jalan ceritanya dan pesan moral di dalamnya berhasil menarik perhatian beliau sehingga mau ikut andil dalam film ini. Hmm, jadi makin penasaran nontonnya! Ohya, selain Idris Sardi, film ini bertabur sejumlah bintang seperti Iga Mawarni dan juga cowok-cowok kece sebagai objek fangirling bagi para abegeh, macam Petra Sihombing, Calvin Jeremy, hehehe~ Bagi yang bosan dengan wajah-wajah lama di dunia perfilman, jangan khawatir karena di sini ada banyak sekali aktor baru, termasuk Bintang Prasetyo yang jadi Budi, sang tokoh utama film ini.

Yang penasaran dengan film garapan sutradara Harris Nizam (Surat Kecil untuk Tuhan) ini bisa menyimak trailernya berikut. Selamat bernostalgia dengan kenangan semasa ikut pramuka dulu

4 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s