[Review] The Croods

croods

The Croods (2013)
Date of watching: 20 March 2013
Cinema: Setiabudi One 21
Duration: 98 minutes
Screenplay by: Chris Sanders, Kirk DeMicco
Casts: Nicolas Cage, Emma Stone, Ryan Reynolds, Catherine Keener
Directed by: Kirk DeMicco, Chris Sanders

Intisari: Suatu hari di era purbakala, hiduplah sebuah keluarga manusia gua yang terdiri dari ayah, ibu, tiga anak, dan sang nenek. Sang ayah, Grug (Nicholas Cage) selalu berusaha melindungi keluarganya dari ancaman bahaya di sekitar. Sikap protektif itu malah membuat keluarganya terkungkung dari dunia luar dan tidak menyadari bahwa alam sedang mengalami perubahan. Kehidupan keluarga itu berubah total saat putri sulungnya, Eep (Emma Stone) menyelinap keluar gua dan bertemu dengan orang lain bernama Guy (Ryan Reynolds) yang mengerti banyak tentang alam.

TC2

###

Kapan ya terakhir kali gue nonton film animasi? Setelah gue cek, ternyata tahun lalu. Tepatnya bulan November 2012 saat gue nonton Hotel Transylvania. Woww, udah lama banget ya!

The Croods jadi pilihan gue karena selain udah lama nonton film animasi, kebetulan film lain yang lagi tayang di bioskop waktu itu udah gue tonton semua. Kali ini gue nonton bareng Maya, sohib lama dari SMA yang lagi training di gedung sebelah kantor gue.

Inti cerita dalam film ini sangat sederhana. The Croods pengen nunjukkin ke penonton bahwa nggak ada hal di dunia ini yang abadi dan nggak berubah. Yang abadi hanyalah perubahan itu sendiri. Gimana kita menghadapi perubahan, mau atau nggak mau, adalah satu-satunya yang menentukan masa depan kita.

For many reasons, sosok Grug di film ini ngingetin gue akan beberapa orang dalam hidup gue. These people, they don’t feel comfortable with the lives they’re living in. However, they’re too afraid to move out from their old shelters, too worried to face new things. Changes seem like something that might harm them.

Orang-orang kayak gini malah seringnya bikin orang di sekitar mereka ikut-ikutan sengsara. Mau melangkah maju, takut. Mau diem di tempat, tapi hidupnya ga berkembang. Persis banget dengan tokoh Grug. Bedanya, Grug adalah manusia gua. Dan itu masih bisa ditolerirlah karena manusia gua yang hidup di jaman serba terbatas dan nggak banyak hal yang bisa dilakuin selain berburu, berkembang biak, dan bertahan hidup.

Perubahan dalam hidupnya aja dianggap Grug sebagai sesuatu yang nggak nyaman. Apalagi dia harus berhadapan dengan orang lain, yang sama sekali baru dan malah lebih dianggep sama anggota keluarganya. Ini menyedihkan sebetulnya, tapi di satu sisi mampu jadi pemicu tawa saat nonton The Croods. Gue merasa terhibur waktu ngeliat Grug berusaha keras untuk menyaingi ‘kepintaran’ Guy yang berhasil merebut hati keluarganya. Lucu, walau di beberapa bagian sedikit mengundang empati.

TC5

The Croods memang mampu menghibur siapapun yang nonton karena film ini dibuat dengan premis sederhana tapi sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Nggak cuma manusia purba aja yang takut sama perubahan, tapi manusia modern pun begitu. Meskipun kadar ketakutannya nggak separah Grug juga sih, hehehe…

Selain ceritanya yang sederhana, warna-warni yang kaya di film ini bener-bener memuaskan mata. Perhatikan juga hewan-hewan dan tumbuhan-tumbuhan yang merupakan persilangan antara dua bahkan tiga spesies yang lucu dan menggemaskan.

Walaupun minim quotes dan nggak banyak lagu latar yang membingkai film ini dengan lebih wah seperti kebanyakan film animasi lainnya, The Croods tetap bagus dan jadi hiburan yang menyegarkan. Buat yang punya anak kecil atau keponakan, ada baiknya ngajak mereka nonton film ini di bioskop karena filmnya bagus dan menghibur. Tapi beri penjelasan untuk beberapa adegan, misalnya saat Eep dan Guy membuat api dari dua batang kayu, supaya mereka nggak bermain-main dengan api di rumah.

TC3

TC4

Trivia: The Croods pertama kali diputar dalam 63rd Berlin International Film Festival yang diselenggarakan pada 15 Februari 2013, lebih dari sebulan sebelum pemutaran perdananya di Amerika Serikat.

Quotes: We never had a chance to explore the outside world, but what we didn’t know was that our world was about to change. (Eep)

Rating: Amusing.

1 Comment

Leave a Reply

