[Review] Evil Dead

EvilDead2013Poster

Review Evil Dead (2013)
Date of watching: 16 May 2013
Cinema: Planet Hollywood XXI
Duration: 92 minutes
Screenplay by: Fede Alvarez, Rodo Sayagues, Diablo Cody
Casts: Jane Levy, Shiloh Fernandez, Lou Taylor Pucci, Jessica Lucas, Elizabeth Blackmore
Directed by: Fede Alvarez

Intisari: Lima anak muda, Eric (Lou Taylor Pucci), Olivia, Mia, David (Shiloh Fernandez) dan pacarnya yang bernama Natalie memutuskan untuk menginap di sebuah kabin tua di dalam hutan. Mereka sepakat untuk bermalam di sana untuk membantu Mia pulih dari ketergantungannya akan obat-obatan terlarang. Apapun yang terjadi, semuanya sepakat untuk tidak meninggalkan kabin tua itu demi kebaikan Mia yang dulu nyaris meninggal dunia akibat overdosis. Sayangnya, bukan hanya mereka berlima yang menghuni kabin menyeramkan itu. Salah satu di antara mereka melakukan hal bodoh yang membangkitkan roh jahat dan mengganggu mereka. Teror pun dimulai!

ED2

###

Evil Dead (2013) ini merupakan reboot dari film versi originalnya yang berjudul sama, Evil Dead (1981), dan juga merupakan pengembangan dari seri Evil Dead yang digarap oleh Sam Raimi. Hanya saja untuk film yang dirilis tahun ini, Raimi nggak lagi duduk di bangku sutradara. Bersama Rob Tapert dan Bruce Campbell yang juga terlibat di trilogi Evil Dead sebelumnya, Raimi memilih duduk di bangku produser. Sementara posisi sutradara dipercayakannya kepada Fede Alvarez.

Berhubung gue belom pernah nonton Evil Dead versi orinya maupun franchise seri ini yang lainnya, rasanya nggak pas kalo gue ngebandingin Evil Dead (2013) dengan pendahulunya. Meski begitu, film ini cukup mudah dimengerti bagi orang yang belum pernah nonton seri ini sebelumnya. Well, basically, film setan-setanan dan apapun yang melibatkan pembantaian sadis berdarah-darah nggak butuh banyak pengetahuan untuk bisa ngerti isi filmnya, hehehe~

Dari level kesadisan, Evil Dead (2013) temen-temen gue bilang film ini sangat sadis. Tapi menurut gue sih, nggak begitu ya. Apa karena gue udah kebanyakan nonton film horror, psycho, dan bunuh-bunuhan gitu ya jadi nggak berasa serem banget? Tapi ya harus gue akui untuk ukuran film horor, film garapan Alvarez ini bisa dibilang jauh lebih sadis daripada film-film segenrenya. Biasanya makhluk-makhluk di film horor kebanyakan hanya mampu nakut-nakutin manusia; kalo nggak sampe gila ya bisa naik level ke commiting suicide. Kecuali kalo setannya arwah balas dendam atau setan-setan di film-film Indonesia. Itu udah pasti nuntut nyawa, deh, hahahaha~

Evil Dead (2013) nawarin horor yang sedikit lebih menyeramkan, karena roh jahatnya beneran ngejar korban-korbannya sampe dapet. Dan ngejarnya pun brutal. Segala cara, segala alat dipake buat ngedapetin mangsanya. Kalo hanya sekedar potong-memotong aja sih mungkin masih bisa nonton dengan mata membelalak lebar, tapi apa yang disuguhkan Evil Dead (2013) sedikit lebih dari itu.

ED1

Hmm, kenapa gue bilang sedikit lebih dari itu? Juga kenapa gue nyebut film ini sedikit lebih menyeramkan daripada film-film horror kebanyakan? Well, ya karena emang ini film nggak seseram yang gue bayangkan. Hanya sedikit aja seramnya. Bukannya sok berani atau apa, tapi Evil Dead (2013) kurang berhasil menawarkan adrenaline rush yang gue idam-idamkan sejak gue nungguin pintu masuk Hollywood XXI dibuka. Kengerian yang ditawarkan Evil Dead (2013) barangkali bisa berhasil bagi mereka yang belum pernah nonton The Cabin in the Woods. Yang pernah nonton The Cabin in the Woods pasti ngerti apa yang gue maksud.

Anyway, terlepas dari segi cerita yang menurut gue kurang menggigit, beberapa hal di film ini menurut gue pantes dapet pujian. Kostum, makeup dan tata cahayanya juara deh! Bener-bener berhasil ngebingkai aura misterius sekaligus satanic yang emang pengen ditonjolin film ini. Dan dari segi akting, Jane Levy yang berperan sebagai si junkie Mia, berakting dengan sangat baik. Beberapa perubahan emosi dan ekspresi wajah bisa dia lakuin dengan begitu meyakinkan. She really convinced me that she was possessed.

Sementara untuk aktor dan aktris lainnya, heuuhh, maaf aja.. selain sebagai pelengkap penderita di film ini, kehadiran mereka nggak banyak berguna. Bahkan di beberapa frame, gue merasa amat sangat kesal dengan kemunculan tokoh David (Shiloh Fernandez) dan pacarnya Natalie (Elizabeth Blackmore). Kesel bukan karena kehebatan mereka berakting sampai akhirnya gue terbawa dengan peran mereka yang mengesalkan. Bukan. Bukan itu. Mereka bikin gue kesel karena dikasih slot dengan percuma. Bahkan kalo mereka nggak ada pun gue rasa Evil Dead (2013) nggak akan berkurang kadar keseramannya.

Terlepas dari segala kekurangannya, Evil Dead (2013) adalah film horor yang layak ditonton. Buat yang kangen nonton film sambil mengintip dari celah-celah jari tangan yang menutupi muka, atau buat yang kecewa dengan beberapa film horor sebelum ini yang terasa kurang geregetnya, Evil Dead (2013) bisa jadi pengobat rindu. Selamat menikmati teror a la Alvarez!

ED3

ED5

Trivia: Diperlukan 200-300 galon darah buatan untuk produksi film Evil Dead (1981). Sementara untuk Evil Dead (2013), Fede Alvarez menyebutkan bahwa darah buatan yang dipakai untuk syuting film ini mencapai 50.000 galon. Bloody hell!

Quotes: Death is not so bad now. I just don’t want to become the devil’s bitch. (Eric)

Rating: Definitely not the most terrifying movie I’ve ever seen, but still worth watching.

Leave a Reply

